Ultimate Human

Silahkan klik kalau mau membaca kisah mereka dari Pertama

Klik di sini untuk membaca percakapan Arya dan Joker sebelumnya mengenai Ultimate Human

mental-floss-john-green

(Sumber foto : Mental Floss)

“Ngomong-ngomong Ultimate Human apaan Ya?”, Joker sekarang merasa tertarik dengan projek Arya,

“Manusia dengan otak luar biasa. Dia nggak bisa lupa gitu”, Arya nyengir sok jagoan.

“Wooh! Gitu doang?”, tanya Joker meremehkan.

“Iya gitu doang.”

“Masa gitu doang bisa menang?”

“Protes gih lo sama jurinya.”

“Terus lu bikin orang gitu?”

“Emangnya gue Tuhan? Ya enggaklah. Gue cuma membuat proposal soal metode yang bisa mengoptimalkan otak. Gue terinspirasi dari robot yang cepet jago kalau diajarin sesuatu. Mereka dikasih input sekian data, output yang keluar bisa sama. Kaya komputer. Lo simpen data sebanyak apa juga mereka bisa munculin data yang persis. Kalau manusia kan beda. Kadang-kadang udah baca berkali-kali masih ada yang kelupaan Musisi yang lancar mainin satu lagu, beberapa tahun nggak dimainin bisa nggak lancar lagi. Kalau si UH 214 ini mereka kemampuan ngingetnya kaya robot.. Gue terinspirasi dari sponge, yang banyak menyerap air hahaha. Seraplah ilmu sebanyak sponge menyerap air huahahaha”, Arya tertawa.

“Jelek amat inspirasinya dari sponge!”,

“Biarin aja ah! Lo nggak suka banget sih gue berhasil!”

“Kenapa lu nggak bikin robot aja?”

“Karena robot nggak punya emosi. Artificial intelligence atau dikenal juga dengan sebutan robot manusia butuh energi yang gedenya mampus-mampusan saat mereka harus membuat keputusan yang berkaitan dengan emosi. Hampir bisa dibilang kalau mereka nggak mampu melakukan hal itu. Nggak bisa fleksibel. Kalau si UH 214 ini punya emosi. Gitu men! Ngerti nggak men??”, Arya menceramahi Joker.

“Caranya bisa gitu gimana?”

“Serius lo mau dengerin ceramah soal otak?”

“Simpelnya aja.”

“Ehm baiklah..”, Arya berdehem, bergaya layaknya seseorang yang akan berceramah. “ Jadi ilmu dulu bilang kalo neuron itu nggak bisa regenerasi. Kalo udah rusak, nggak ada gantinya. Makanya orang makin tua makin jadi pelupa, karena neuronnya udah makin dikit”, Arya memberat-beratkan suaranya supaya terdengar berwibawa.

“Simpelnya ajaaaa!!!”

“Ya itu udah simpel!!!!”

“Kuraaang simpel!!!”

“Aaaaahhhhhhh!!!”

“Arrrggghhh!!”, Joker ikut-ikutan berteriak.

“Males ahh jelasin!!”

“Jelasin!!!”

“Arrrrggghh. Urrrgggghhhhh”, Arya menggaruk-garuk rambutnya. “Jadeee neuron tuh sel otak. Sampe sini paham dulu nggak? Ngerti nggak hah?!”, Arya menjelaskan sambil berteriak-teriak.

“Iyeeeeee.”

“Jangan iye-iye aja lo. Ngerti nggak??”

“Ngerti Bu guruuuuuu!!!!!”

“Bagus!”

“Iyee terus kenapa si sel otak itu?”

“Neuron tuh yang ngirim-ngirim segala jenis informasi ke otak. Jadi lo bisa paham sebuah hal, nginget sebuah hal, merasakan sensasi, dan segala macem itu salah satunya jasa neuron. Masih banyak sih bagian lain yang ikut berperan, tapi ya intinya gitu deh. Paham nggak?”

“Pahaaam!!”

bluebrain.article

(Sumber : Blue Brain Article)

“Naaah ilmu yang lebih baru bilang kalo neuron itu bisa regenerasi, bisa tumbuh lagi,  tapi emang semakin tua seorang manusia, selnya makin susah tumbuh lagi karena semakin lama otaknya makin tidak elastis. Semakin lo sering latihan otak, bukan dengan permainan brain games itu yeee tapi, maka otak lo semakin elastis. Baca aja the brain that change itself, atau how to train your brain to get happy, to get rich, macem-macem deh.

Ultimate human itu soal riset gimana caranya bikin otak lebih elastis. Seelatisss mungkin, kalo bisa sampe ntarnya orang bisa mengingat kayak robot. Gono lhoo!!!”, Arya menjelaskan panjang lebar.

“Hah gitu doang?”, ejek Joker.

“Iya gitu doang!”

“Simpel amat!”

“Yang simpel aja belom bisa diwujudin apalagi yang kompleks. Nggak usah sok jago dehh!!!”

“Nggak! Itu ngasal banget! Gua juga bisa ngasih ide ngasal. Gua pengen bisa ngilangin sampah!”, Joker mengeluarkan idenya yang menurutnya sama bagusnya bahkan bisa lebih bagus dari ide Arya mengenai Ultimate Human.

“Ya sono gih bikin! Kenapa nggak bikin yeeee? Kalo bilang gue juga bisa tuh nggak usah banyak ngomong. Kerjain aja yeeee”, Arya mengejek Joker.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s